JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

 JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Berikut ini merupakan beberapa dari jenis jaringan komputer

1. PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti laptop, komputer, telpon, ponsel, dll.


Sumber : ID-Networkers


2. LAN (Local Area Network)

Sebuah Jaringan area lokal (bahasa Inggrislocal area network (LAN) adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor. Sebaliknya, jaringan area luas (WAN) tidak hanya mencakup jarak geografis yang lebih besar, tetapi juga umumnya melibatkan sirkuit telekomunikasi sewaan.

Ethernet dan Wi-Fi adalah dua teknologi paling umum yang digunakan untuk jaringan area lokal. Teknologi jaringan historis termasuk ARCNETToken ring, dan AppleTalk.


Sumber : wikipedia


3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lebih besar dari LAN, namun lebih kecil dari WAN. Dilansir dari Cloudflare, istilah metropolitan menyiratkan ukuran jaringan dan buka demografi suatu wilayah. Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer Artinya, Metropolitan Area Network (MAN) tidak hanya berlaku di kota besar, melainkan kotak kecil, beberapa kota, dan area besar dengan lebih dari satu bangunan. Metropolitan Area Network (MAN) menghubungkan jaringan komputer lokal (LAN) dalam suatu wilayah geografis yang cukup tersebar. Biasanya, koputer dalam Metropolitan Area Network (MAN) dihubungkan melalui kabel serat optik.

MAN juga merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.


Sumber : - silmi nurul utami (https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/26
                    /150000469/metropolitan-area- network-man---pengertian-dan-
                    fungsinya?page=all)
                https://www.idn.id/apa-itu-jaringan-pan-lan-man-dan-wan



4. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.




Sumber: https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah membuat skema Jaringan dengan Packet Tracer